PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas serta efektifitas LKPD berbasis Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Pada PembelajaranTematik Terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Model penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Peneliti mengadaptasi model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh S.Thiagarajan, dalam Mulyatiningsih, yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Hasil validasi semua aspek didapatkan rata-rata 86,59 % dengan kriteria penilaian sangat valid. Hasil praktikalitas dari pendidik didapatkan nilai rata-rata 89,7 % dengan kriteria penilaian sangat praktis, sedangkan untuk praktikalitas dari kelima peserta didik mendapatkan nilai rata- rata 85,11 % dengan kriteria penilaian sangat praktis. Untuk hasil Efektivitas mendapatkan nilai rata- rata 87% denga kriteria penilaian sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) Pada PembelajaranTematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar peneliti kembangkan sudah valid, praktis, dan efektif.