IMPLEMENTASI QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DARING PESERTA DIDIK DI SD 30 KOTA PADANG DALAM MASA PANDEMI COVID 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Quantum Teaching dalam untuk meningkatkan aktifitas belajar daring peserta didik di SD 30 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitiannya berupa observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan data yang telah diperoleh aktivitas belajar peserta didik daring pada siklus I aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 67,4% pada pertemuan pertama dan meningkat 73,4% pada pertemuan kedua, dengan kategori cukup. Pada Siklus II aktivitas belajar peserta didik memiliki persentase 80,1% pada pertemuan pertama dan meningkat 83,7% pada pertemuan kedua dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengimpleentasikan quantum teaching sebagai model pada pembelajaran tematik selama daring dirumah dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik Kelas di SD 30 Kota Padang.