PERAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA CARD SHORT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Di antara tujuan diberlakukannya kurikulum 2013 di Indonesia adalah mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) atau HOTS, salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah keterampilan berpikir kritis (critical thinking skills). Kenyataannya pada saat ini kemampuan berpikir kritis peserta didik belum dikembangkan terutama di sekolah dasar. Hal ini terlihat pada rancangan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran di sekolah dasar belum ditujukan pada pengembangan kemampuan berpikir kritis. Karakteristik pembelajaran di sekolah dasar masih konvensional dan dalam pelaksanannya masih didominasi oleh pendidik (teacher-centered). Berdasarkan hal penulis menawarkan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) berbantuan media card sort dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian library research, yaitu dengan memanfaatkan sumber perpustakaan berupa buku, artikel, dan sebagainya. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe think pair and share berbantuan media card sort sangat berperan dalam; (1) dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam bertanya, mengemukakan pendapat dan belajar menghargai pendapat orang lain dalam diskusi, 2). peserta didik mampu menjawab pertanyaan dan berarguman pada berdiskusi karena peserta didik mencari bahan sendiri atau materi yang sesuai dengan kategori kelompoknya, dan 3) meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada pembelajaran IPS di sekolah dasar.