EFEKTIFITAS PENDEKATAN RME TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Abstract

Siswa Sekolah Dasar masih mengalami kesulitan dalam memahami, menemukan solusi dan menarik kesimpulan. Sehingga kemampuan literasi matematika siswa Sekolah Dasar masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah untuk meningkatakan kemampuan literasi matematika siswa adalah dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan RME terhadap literasi matematika siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD wilayah IV Kecamatan Koto Tangah. Kelas Eksperimen adalah siswa kelas IV SDN 25 Koto Panjang dan  siswa kelas IV SDN 46 Koto Panjang sebagai kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Kelas eksperimen  memperoleh perlakuan dengan RME, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dengan instrumen berupa soal tes kemampuan literasi matematika dan lembar observasi. Dari hasil analisis penelitian menjelaskan bahwa litersi matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan RME lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional sehingga pendekatan RME lebih efektif.