INTERNALISASI NILAI-NILAI ANTIKORUPSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Abstract

Tulisan ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai antikorupsi yang dianggap dapat memberikan solusi terhadap permasalahan tindak kriminal korupsi yang sedang menimpa bangsa ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai anti korupsi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah dasar. Hal ini dilakukan karena mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dasar memiliki peranan strategis dalam mencapai tujuan pendidikan nasional yang kemudian diinternalisasikan ke dalam jiwa peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan ada tiga nilai yang belum dihayati oleh peserta didik yaitu nilai kejujuran nilai kejujuran yaitu masih ada siswa yang tidak jujur dalam melakukan pembelian alat-alat tulis pada kantin kejujuran, nilai disiplin masih ada siswa yang terlambat datang kesekolah, sedangkan nilai tanggung jawab masih ada siswa yang terdapat tidak mengerjakan sholat zuhur berjamaah. Maka dapat dikatakan ketiga nilai antikorupsi tersebut belum dihayati peserta didik dengan baik sehingga dibutuhkan evaluasi untuk ketiga nilai tersebut agar dapat ditunjukan dalam perilaku sehari-hari.