PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V MIS MUHAMMADIYAH RAMBAI KOTA PARIAMAN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar dan keterampilan berbicara tematik terpadu peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Rambai Kota Pariaman masih banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Tujuan penelitan ini adalah untuk melihat pengaruh model role playing terhadap hasil belajar dan keterampilan berbicara pada subtema manusia dan lingkungan. Jenis penelitian adalah Pre-Experimental dengan design One Group Pretest dan Posttest Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Rambai Kota Pariaman, teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis, tes kinerja, dan angket. Teknik yang digunakan menganalisis data berupa uji T dan N-Gain. Hasil penelitian pada tes tulis diperoleh thitung = 2,69 dan ttabel pada taraf signifikan 5%   db 24 adalah 2,06 karena thitung lebih besar dari ttabel (2,69 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha.. Pada tes kinerja aspek kebahasaan diperoleh (3,45 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha.. Pada tes kinerja aspek nonkebahasaan didapatkan (3,57 > 2,06) maka hipotesis H0 ditolak dan terima Ha. Pada pengujian N-Gain, tes tulis didapatkan persentase 33,22, tes kinerja aspek kebahasaan 44,97 dan aspek nonkebahasaan didapatkan persentase 41,49. Jadi, keseluruhan perhitungan N-gain terletak pada rentang 30 ≤ N-gain ≤ 70 dengan kriteria klasifikasi sedang. Setelah menganalisis hasil dapat disimpulkan adanya pengaruh model role playing dimana hasil belajar dan keterampilan berbicara lebih baik setelah menggunakan role playing daripada sebelum menggunakan pembelajaran role playing.