PENGARUH PREDIKAT PROFESIONALITAS GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK, MASA KERJA, DAN USIA TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI MI KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Tujuan diadakannya uji sertifikasi adalah untuk menjadikan pendidik sebagai tenaga yang benar-benar profesional sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM. Menggunakan metode survei kuesioner, dikuatkan dengan wawancara, observasi, penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh sertifikasi terhadap profesional kerja berdasarkan status sertifikasi, usia dan masa kerja. Hasil: pertama; sertifikasi tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap perilaku profesional guru. Kedua; status sertifikasi belum dapat dijadikan jaminan keprofesionalan, guru yang sertifikasi dan nonsertifikasi belum memiliki perbedaan signifikan. Ketiga; guru bersertifikat dengan usia<40 lebih menonjol perilaku profesionalnya dibanding >40 tahun. Keempat; masa kerja <10 tahun lebih menunjukkan perilaku profesional dibanding >10 tahun