Internalisasi Nilai Kewarganegaraan dalam Pembelajaran PKn Peserta Didik di MIN Pesisir Selatan

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh nilai kewarganagaraan peserta didik yang belum menunjukkan secara baik dan masih jauh dari harapan. Nilai kewarganegaraan yang mestinya bagian dari karena tujuan pembelajaran PKn, dan tuntutan itu adalah terinternalisasinya sikap kewarganegaraan atau menjadikan warga negara yang baik pada aspek penanaman pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta tindakan. Tujuan penelitian untuk dapat mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai kewarganegaraan melalui pembelaran PKn pada peserta didik MIN Pesisir Selatan, lebih khusus untuk dapat melihat potret bagaimana penanaman sikap jujur, percaya diri dan tanggung jawab. Jenis penelitianya bersifat deskriptif kualitatif, dengan sumber pendidik dan kepala sekolah. Menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian di olah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, dalam internalisasi nilai jujur pendidik, melalui pemberian contoh, memperhatikan sikap, dan berperan sebagai penasehat bagi peserta didik dalam bersikap jujur. Kedua, internalisasi nilai percaya diri pendidik member perhatian, kesempatan, dan memotivasi untuk melakukan aktivitas cerminan percaya diri kepada peserta didik. Ketiga internalisasi nilai tanggung jawab pendidik dengan pemberian contoh, memperhatikan sikap tanggung jawab dan menasehati peserta didik dalam beraktivitas / melakukan kegiatan sehari-hari.