Model Assure dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Sekolah Dasar

Abstract

Model Assure merupakan salah satu model yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan tujuan agar media yang diterapkan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Karakteristik pembelajar bahasa tingkat sekolah dasar dengan rentan usia 7-13 tahun adalah memiliki kecenderungan suka bermain dan bersenang-senang dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, guru hendaknya terlebih dahulu memahami dengan baik prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab serta karakteristik pembelajar bahasa Arab. Artikel ini disusun untuk menjelaskan konsep model Assure, Model Assure dalam Media Pembelajaran, dan Penerapan Model Assure dalam pembengembangan media pembelajaran bahasa Arab tingkat sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan berbagai sumber yaitu buku, majalah, artikel, dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) tahapan dalam model Assure adalah menganalisis pembelajar, menentukan standar dan tujuan, memilih teknologi, media dan materi, menggunakan teknologi, media dan materi, mengharuskan partisipasi pembelajar, dan mengevaluasi dan merevisi. (2) tahapan dalam menggunakan teknologi, media dan materi pelajaran adalah ā€œ5pā€: (preview) teknologi, media dan materi; menyiapkan (prepare) teknologi, media dan materi; menyiapkan (prepare) lingkungan; menyiapkan (prepare) pembelajar, dan memberikan (provide) pengalaman belajar, (3) Penerapan model Assure dalam pengembangan media pembelajaran bahasa Arab tingkat sekolah dasar dapat dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang harus dilakukan.