Implementasi Nilai-Nilai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar
Abstract
Permasalahan terkait penurunan nilai karakter yang terjadi di dunia pendidikan saat ini merupakan suatu fenomena yang harus segera diatasi diantaranya, hilangnya rasa patuh pada guru, kurangnya sikap disiplin dan mulai memudarnya sikap jujur. Oleh karena itu dibutuhkan program untuk mengembangkan dan mendidik karakter peserta didik, salah satunya melalui Program Penguatan Karakter (PPK) di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dari lima nilai-nilai PPK di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas 5 di SDN 51 Sumarambu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terdapat pengimplementasian dari kelima nilai PPK di SDN 51 Sumarambu. Diantaranya, implementasi nilai religius melalui kegiatan rutin salat duha berjamaah setiap hari Sabtu. Implementasi nilai nasionalis melalui kegiatan upacara bendera setiap hari Senin dan peringatan hari nasional lainnya. Implementasi nilai gotong royong melalui kegiatan Jumat Bersih di lingkungan sekolah. Implementasi nilai integritas melalui kejujuran kepada peserta didik, serta implementasi nilai mandiri dengan pembiasaan mengerjakan ujian tanpa menyontek. Pengimplementasian kelima nilai PPK dilakukan melalui pembiasaan dan keteladanan dari guru.