Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Dengan Menggunakan Strategi SPPKB

Abstract

Pendidikan adalah suatu langkah kita dalam mendapatkan suatu pengetahuan yang belum kiita ketahui, dan pendidikan adalah suatu cara kita menjalan kehidupan dengan baik.penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa IPS dengan menggunakan Strategi SPPKB yaitu kemampuan berpikir, dan penelitin ini menggunakan proses PTK atau penelitian Tindakan Kelas. Peneliti meneliti 25 orang siswa kelas VI SDN 09 Sungai Cubadak denga fokus penelitian yaitu pengkatan hasil belajar IPS siswa. Dan hasil penelitian menunjukkan pengungkatan hasil belajar pada siswa kelas VI berhasil dengan hasil  dari 25 siswa yang ada pada pembelajaran siklus pertama peneliti menemukan 74,92 % siswa memahami materi dan pada siklus ke II siswa mengalami peningkatan hasil belajar hingga 82,04 %, dari 25 siswa hanya 14 orang yang bisa memahami materi pada penelitian siklus I dan peningkatan yang terlihat pada siswa pada Siklus II dari 25 orang 19 orang siswa sudah paham dengan materi yang di sajikan. Sehingga tingkat ketidak tuntasan pada siswa juga menurun yang awalnya 11 orang setara dengan 25,08 % menjadi  dengan 18,04 % setara 6 orang saja. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 5 sampai 10 point dibandingkan dengan hasil belajara dari evalusi siklus I. Pada pembelajaran Siklus I dan Siklus II siswa mengalami peningktan Hasil belajar sebanyak 7 % . Dan dalam aktifitas pembelajarannya pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu 26,26 % menjadi 80 %.