Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Elemen Membaca Berbantukan Flipbook Maker

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik terhadap pelajaran bahasa Indonesia dikarenakan kegiatan belajar pendidik hanya terpaku menggunakan bahan ajar cetak tanpa menggunakan bahan ajar yang kreatif dan menarik. Dalam mengatasi permasalahan diatas dibutuhkan bahan ajar kreatif dan menarik seperti e-book cerita bergambar. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-book cerita bergambar pembelajaran bahasa Indonesia pada elemen membaca  dan respon peserta didik terhadap bahan ajar e-book cerita. Jenis Penelitian menggunakan model ADDIE. Uji coba ini dilaksanakan pada 10 peserta didik di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Koto Salak. Tenik pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi, uji praktikalitas dan efektivitas. Hasil pengembangan e-book cerita bergambar pembelajaran bahasa Indonesia pada elemen membaca  dikategorikan sangat validasi, berdasarkan hasil yang diperoleh dari validator (96,16%) dikategorikan sangat valid. Aspek kepraktisan kuesioner responden pendidik dan peserta didik dengan persentase (92,01%) dikategorikan sangat praktis. Aspek efektivitas dengan perolehan (90%) dikategorikan efektif. Maka disimpulkan bahwa e-book cerita bergambar pembelajaran bahasa Indonesia pada elemen membaca berbantukan flipbook maker untuk mendukung kurikulum merdeka kelas IV SDN 06 Koto Salak pada materi sistem barter valid, praktis, dan efektif  saat diaplikasikan pada proses pembelajaran.