PENGARUH PENERAPAN TEKNIK TOKEN EKONOMI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK WAHYU KABUPATEN GOWA
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik token ekonomi terhadap kemandirian anak usia lima dan enam tahun di TK Wahyu Kabupaten Gowa. Strategi kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment Design digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan tiga puluh dua siswa TK Wahyu di Kabupaten Gowa, yang berusia lima hingga enam tahun. Purposive sampling adalah metode pengambilan sampel penelitian ini, sehingga menghasilkan total 24 sampel, 12 setiap kelompok terdiri dari dua belas anak. Analisis non parametrik dan juga analisis statistik deskriptif digunakan sebagai metode yang untuk memperoleh data. Hasil kemandirian anak kelompok eksperimen diperoleh nilai Z sebesar -3,068 dan sig(2-tailed) nilainya sebesar 0,002 < 0,05 hasil output uji Wilcoxon. Diperolah bahwa kemandirian anak berbeda-beda sebelum dan sesudah mendapat perlakuan berdasarkan temuan penelitian. Diketahui penggunaan teknik token ekonomi di TK Wahyu Kabupaten Gowa berpengaruh terhadap kemandirian anak usia lima sampai enam tahun.