Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Dalam Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada studi kasus. Menurut Lofland yang dikutip Lexy J. Moleong, dalam penelitian kualitatif, informasi utama diperoleh dari perkataan dan tindakan, sedangkan data seperti dokumen dan lain-lain dianggap sebagai data pendukung. Dalam perjalanan penelitian ini, data dikumpulkan peneliti melalui tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan tiga teknik yaitu merangkum data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan serta memeriksa keabsahan data. TPS merupakan model pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan pemikiran individu, meningkatkan partisipasi, dan memperkaya wawasan peserta didik. Guru dapat memodifikasi model ini sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Penggunaan media dan variasi kegiatan dapat meningkatkan minat dan motivasi. Model ini dapat dipadukan dengan metode pembelajaran lainnya untuk mencapai hasil yang optimal.