Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah dalam menerapkan pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian atau informannya adalah kepala sekolah, guru kelas/walikelas dan guru pembimbing khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Dalam hal pengoptimalan pengelolaan pendidikan inklusi, peran kepala sekolah sebagai pemegang keputusan tertinggi di suatu lembaga sangat memengaruhi arah dan tujuan yang hendak dicapai oleh lembaga tersebut. (2) Ada banyak faktor penghambat terhadap pengelolaan pendidikan inklusi di SDN Mentikan 1 Kota Mojokerto  dari awal pengelolaan sampai dengan sekarang. Namun, faktor yang paling mendasar dan sangat memengaruhi adalah permasalahan yang berhubungan dengan anggaran. (3) Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi adalah membagi dan memprioritaskan masalah yang memang tidak bisa diselesaikan oleh SDN Mentikan 1 sendiri kemudian menjadikannya bahan aduan ke Dinas terkait dan pusat sumber yang bertempat di SLB Pertiwi yang kebetulan ditunjuk langsung oleh dinas pendidikan provinsi jawa timur sebagai sekolah aduan terkait pengelolaan pendidikan anak berkebutuhan khusus.