Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah yang profesional serta disiplin kerja yang baik akan memberikan dampak positif terhadap perbaikan dan peningkatan kinerja guru pada suatu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk, (1) mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. (2) mendeskripsikan pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru. (3) mendeskripsikan pengaruh secara simultan dari kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMPIT Al-Azhar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan jumlah populasi sebanyak 59 orang. Terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 12 orang guru, 1 orang TU, dan 46 siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMPIT Al-Azhar dengan t hitung 2,580 > t tabel 2,00 dan memiliki pengaruh sebesar 10,5%. (2) terdapat pengaruh antara disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMPIT Al-Azhar dengan t hitung 7,924 > t tabel 2,00 dan memiliki pengaruh sebesar 52,4%. (3) terdapat pengaruh secara simultan dengan F hitung 31,019 > F tabel 3,16. Secara simultan keduanya juga memiliki pengaruh sebesar 52,6% terhadap kinerja guru di SMPIT Al-Azhar dan memiliki koofisian korelasi sebesar 0,725 yakni berada pada kualitas hubungan yang kuat.