Internalisasi Nilai Karakter Jujur Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai kejujuran dalam pelajaran di kelas VIII Mts Unggulan Hikmatul Amanah dan Umtuk menganalisis evaluasi internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran di kelas VIII Mts Unggulan Hikmatul Amanah. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif, Dimana penelitian kualitatif merupakan sebuah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata tertulis maupun lisan serta tingkah laku seseorang yang telah diamati. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistic dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Penyajian dalam penelitian ini didasarkan pada proses pencarian data secara lengkap, yang kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif terurai dalam kata-kata untuk memperoleh keutuhan deskripsi atau gambaran tentang penguatan internalisasi nilai kejujuran dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran dikalas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah yaitu: a. Penanaman nilai-nilai kejujuran dalam pola pikir siswa, setelah itu, b. Pembiasaan, dan c. Keteladanan dari guru terhadap siswa. 2) Evaluasi Internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran dikalas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah a. Cara penilaian dari setiap sektor yang berada di lembaga secara berkala, b. Pemberian tugas yang bersifat mengedukasi kepada siswa secara bertahap, dan c. Pendekatan emosional secara continue, dengan harapan terbangun kedekatan antar guru dengan siswa sehingga hubungan baik bisa terjalin diantara mereka, dalam hal ini diupayakan bisa menumbuhkan rasa keyakinan terhadap siswa untuk berani berkata jujur dalam segala hal.