Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah Dan Komitmen Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Guru Pada Madrasah Tsanawiyah

Abstract

Artikel ini meneliti tentang motivasi kerja guru yang dipengaruhi oleh kompetensi kepala sekolah dan komitmen organisasi. Tujuan penelitian ini mengetahui besarnya pengaruh kompetensi kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru pada Madrasah Tsanawiyah Hidayatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, yang kedua menganalisis besarnya pengaruh komitmen organisasi terhadap motivasi kerja guru pada Madrasah Tsanawiyah Hidayatussalam Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, dan yang ketiga untuk menganalisis besarnya pengaruh kompetensi kepala sekolah dan komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik survey, membagikan kuesioner kepada 44 orang yang terpilih menjadi sampel. Hasil penelitian hipotesis pertama diperoleh kompetensi kepala sekolah berpengaruh terhadap motivasi kerja guru, dengan nilai signifikan sebesar 0,005. Berdasarkan nilai signifikan tersebut, menunjukan bahwa lebih kecil dari taraf signifikan 0,05, sehingga variabel kompetensi kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru. Hasil hipotesis kedua variabel komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru dan hasil dari hipotesis terakhir secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru yang memiliki indikator pengetahuan, keterampilan, sistem penetapan, pengalaman, kemampuan praktis dan pengembangan sebesar 55,8%, sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.