Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information and Communication Technology (ICT)

Abstract

Artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran PAI berbasis ICT, penggunaan ICT dalam proses pembelajaran serta problematika dalam pembelajaran PAI berbasis ICT. Dalam penelitian ini memakai pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Untuk analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menelaah data yang sudah ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data, dan menyajikan data dalam bentuk kesimpulan. Adapun tahapan akhir dari analisis data ini ialah keabsahan data dengan menggunakan teknik kredibilitas (kepercayaan) yaitu keikutsertaan peneliti, triangulasi, dan referensi, pemeriksaan keteralihan, dan pemeriksaan ketergantungan. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat di ambil simpulan bahwa dalam melaksanaan pembelajaran berbasis ICT perlu adanya pelatihan lebih lanjut agar para pendidik mampu mendidik dengan cakap dan berteknologi tinggi sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik dengan kecakapan-kecakapan yang dimiliki para pendidik dalam mengelola kelas terutama dalam hal menggunakan media yang berbasis ICT/TIK.