Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Hikmah Palopo
Abstract
SDIT Al-Hikmah Palopo merupakan sekolah yang menggunakan metode terbaru dalam pengajaran Al-Qur’an yaitu metode ummi. Metode ini mengajarkan kita menghormati dan mengingat jasa ibu, orang yang paling berjasa yang telah mengajarkan kita banyak hal termasuk mengajarkan bahasa. Peneliti bermaksud untuk melakukan penelitian agar mengetahui bagaimana Implementasi metode ummi di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan wawancara terstruktur dan dokumentasi. Metode ummi mampu meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur’an para siswa karena ketika bacaannya sudah di Al-Qur’an maka tidak ada lagi yang terbata-bata/belum lancar, hal ini menjadi bukti bahwa metode ummi adalah sebuah metode yang sangat memudahkan para siswa membaca Al-Qur’an dengan tartil dan mutunya sangat terjaga. Dan sangat praktis bahkan anak berkebutuhan khusus pun juga mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil. Implementasi atau penerapan metode ummi di SDIT Al-Hikmah Palopo sudah terlaksana dengan baik. Metode ummi sangat menyenangkan karena menggunakan nada khusus yang membuat anak-anak bersemangat dan tidak merasa bosan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Selain pada pembelajaran membaca Al-Qur’an para siswa juga diajarkan dalam menghafal Al-Qur’an dan doa-doa harian