Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Non Pendidikan Bahasa Arab Di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo (Improving Arabic Language Skills for Non-Arabic Education Students at Zainul Hasan Genggong Islamic University, Probolinggo)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan dan mendeskripsikan upaya-upaya dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab mahasiswa Non Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dari kegiatan pembelajaran bahasa Arab mahasiswa non Pendidikan Bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan mereka melalui uraian bentuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Arab, dan solusi yang ditawarkan. Penelitian ini berbentuk kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari pihak yang terlibat yaitu dosen dan mahasiswa sebagai peserta pembelajaran bahasa Arab. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa non Pendidikan Bahasa Arab adalah dengan mengadakan pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan strategi pembelajaran salah satunya dengan menerjemahkan kosakata, menyusun kosakata menjadi sebuah kalimat, berlatih hiwar, membaca teks, menganalisa teks. Diantara solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah dengan waktu yang cukup dan secara terus-menerus dalam pembelajaran bahasa Arab, adanya bahan ajar yang memadai dengan memberikan bekal pelatihan dan workshop untuk pengajar bahasa Arab, menggunakan media pembelajaran bahasa Arab selain buku, menciptakan lingkungan bahasa Arab dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran tersebut. AbstractThis study explains and describes efforts to improve the Arabic language skills of Non-Arabic Language Education (PBA) students. This research aims to find out from the Arabic language learning activities in improving the abilities of non-Arabic Language Education students, through a description of the implementation of Arabic language learning activities, and the solutions offered. This research is a descriptive qualitative research by collecting data from the parties involved, namely lecturers and students as participants in learning Arabic. Data collection through observation and interviews. Data analysis techniques using miles and huberman models include data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study show that the efforts made in improving the Arabic language skills of non-Arabic Language Education students are by holding Arabic language learning, namely with learning strategies, one of which is by translating vocabulary, compiling vocabulary into a sentence, practicing conversation, reading texts, analyzing texts. The solution offered to improve the implementation of these activities is with sufficient time and continuously in Arabic language learning, the existence of adequate teaching materials by providing training and workshops for Arabic teachers, using Arabic learning media other than books, creating an Arabic environment, and evaluating the learning activities.