Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs DDI Kanang Polewali Mandar (The Effect of Using Picture Card Media on Increasing Interest in Learning Arabic for Class VII Students of MTs DDI Kanang Polewali Mandar)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu bergambar terhadap minat belajar bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs DDI Kanang Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu pendekatan ini berangkat dari suatu teori, gagasan para ahli ataupun dikembangkan menjadi permasalahan dan beserta pemecahan-pemecahannya yang diajukan untuk memperoleh kebenaran dalam bentuk dukungan data empiris lapangan dan juga memerlukan analisis statistik, yaitu dengan menggunakan angka-angka untuk mencapai kebenaran hipotesis. Angka-angka di sini mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembuatan, penggunaan dan pemecahan masalah model kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs DDI Kanang berjumlah 156 siswa yang terbagi dalam 6 kelas kemudian 2 kelas diambil sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah soal tes essai yang didalamnya gambar-gambar peralatan sekolah kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Arab. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus “t-test”. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Dengan membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai t = tabel dimana t hitung = 14,52 sedangkan t tabel = 2,064, karena t hitung lebih besar dari pada t tabel  maka hipotesis diterima dan ini berarti proses “penerapan media kartu bergambar berpengaruh digunakan dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab” khususnya pada pembelajaran mufradat pada siswa kelas VII MTs DDI Kanang.AbstractThis research aims to find out the influence of using picture card media on the interest in learning Arabic for class VII students of MTs DDI Kanang Polewali Mandar. This type of research is quantitative research, that is, this approach departs from a theory, the ideas of experts or developed into problems and along with its solutions proposed to obtain the truth in the form of empirical data support field and also requires statistical analysis, namely by using numbers to achieve the truth of the hypothesis. The numbers here have a very important role in the creation, use and problem solving of quantitative models. The research method used is the experimental method. The population in this study, namely class VII MTs DDI Kanang students, amounted to 156 students who were divided into 6 classes and then 2 classes were taken as samples. The instrument used is a test question of completion in which pictures of school equipment are then translated into Arabic. The data analysis technique used is to use the formula "t-test". The results of the data analysis showed that by comparing the magnitude of t obtained in the calculation listed on the value t = table where t counts = 14.52 while t table = 2.064, because t calculates is greater than t table then the hypothesis is accepted and this means that the process of "application of influential pictorial card media is used in increasing interest in learning Arabic" especially in mufradat learning in students of class VII MTs DDI Kanang.