Teknik Merumuskan Judul Penelitian Ilmiah Pada Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ilmiah pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya dalam perbaikan lembaga dan proses pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan teknik merumuskan judul penelitian ilmiah pada jenis penelitian tindakan kelas (PTK) raung lingkup pendidikan anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk penyelesaian dalam penelitian ini adalah penelitian literatur, yakni penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data berupa buku dan jurnal ilmiah terdahulu yang berkaitan dengan tema penelitian, dengan tanpa lokasi penelitian, karena seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, dengan teknik analisis data penelitian yaitu mereduksi data, menyajikan data dan menverifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini ditemukan bahwa dalam merumuskan judul penelitian tindakan kelas (PTK) terdapat dua cara yakni; cara pertama adalah dengan menuliskan tindakannya di bagian awal, permasalahan di bagian tengah dan subjek di bagian akhir. Sedangkan cara kedua adalah dengan menuliskan permasalaha di bagian awal, tindakan di bagian tengah dan subjek di bagian akhir. Pada subjek sebaiknya ditulis pada bagian akhir pada judul.