Pengembangan Buku Bacaan Berjenjang Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4D, yaitu Define, Design Develope, dan Disseminate. Namun, pengembangan ini hanya pada sampai tahap Develope. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk buku bacaan berjenjang dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penilaian dilakukan melalui ahli materi, ahli media, dan guru IPA SD yang meliputi 9 aspek penilaian dengan menggunakan instrumen lembar penilaian skala 4. Hasil penilaian berupa data kuantitatif dan kualitatif yang kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku bacaan berjenjang. Produk yang dikembangkan direkomendasikan untuk kelas IV tema 2 pokok bahasan energi dan kelas V tema 3 pokok bahasan sistem pencernaan manusia yang diberi judul “Yuk, Cari Tahu”. Karakteristik produk terdiri dari 20 halaman yang dikemas dalam bentuk cerita dan terdiri dari satu gambar tiap halaman. Berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (SB) dengan skor 2 dari total skor 2, penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 6 dari total skor 6 dan penilaian guru IPA SD menunjukan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 31,2 dari total skor 36 dengan persentase keidealan sebesar 87%. Oleh karena itu, produk pengembangan layak dijadikan sebagai media pembelajaran.