Pengembangan Alat Peraga GUFUS Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Gugus Fungsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan alat peraga Gufus sebagai sumber belajar mandiri pada materi gugus fungsi, 2) Mengetahui kualitas alat peraga Gufus sebagai sumber belajar mandiri berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia SMA/MA). Pengembangan alat peraga Gufus ini menggunakan model 4-D yang meliputi 4 tahap yakni: (1) Define (definisi), (2) Design (desain), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate (penyebarluasan). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop. Produk alat peraga Gufus pada materi gugus fungsi ini divalidasi oleh dosen pembimbing, satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, serta tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer (guru kimia). Instrumen yang digunakan untuk penilaian kualitas produk berupa lembar angket skala lima yang terdiri dari delapan aspek.. Karakteristik alat peraga Gufus yang dikembangkan terdiri dari beberapa komponen, diantaranya huruf C-H-O, batang penghubung, angka dan penomoran yang disetiap komponen dipasangi magnet untuk dapat ditempelkan pada papan tulis bermagnet. Penilaian kualitas alat peraga Gufus dilakukan oleh satu dosen ahli materi mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 97,14%. Menurut penilaian satu dosen ahli media kualitas alat peraga Gufus mendapat kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 89%. Penilaian kualitas alat peraga Gufus oleh empat reviewer (guru kimia) mendapatkan kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 93,61%.