Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah pada Materi Redoks Sebagai Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, serta mengetahui kelayakan modul kimia berbasis masalah pada materi pokok redoks sebagai sumber belajar untuk SMA/MA kelas XII. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Produk modul kimia ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media berupa kritik dan masukan saja. Kritik, saran/masukan dari para dosen ahli selanjutnya ditindaklanjuti dalam proses revisi produk. Penilaian produk dilakukan oleh lima pendidik kimia SMA/MA Yogyakarta dan respon peserta didik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, penilaian kualitas produk dan lembar respon peserta didik. Hasil penilaian dari lima pendidik kimia SMA/MA di Yogyakarta dengan persentase keidealan 89,437% kategori Sangat Baik, respon positif yang ditunjukan lima belas peserta didik dengan persentase keidealan sebesar 96,35% sehingga modul yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar.