Pengembangan Video Praktikum Sederhana berbasis Discovery Learning Materi Stoikiomeri untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas X

Abstract

Praktikum adalah bagian dari sebuah pembelajaran yang bertujuan agar siswa mendapatkan kesempatan untuk menguji. Praktikum dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung melalui pengamatan video praktikum. Video praktikum dapat dikembangkan dengan berbagai inovasi, salah satunya pengembangan video praktikum sederhana berbasis discovery learning materi stoikiometri untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan video praktikum sederhana berbasis discovery learning dapat membantu meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Dimana pengembangan ini terdiri atas Defaine, Design, Develop, dan Deseminate. Namun penelitian pengembangan ini dibatasi sampai tahap Develop. Produk yang akan dikembangkan pada penelitian ini berupa video praktikum sederhana berbasis discovery learning materi stoikiometri. Produk ini divalidasi oleh tiga peer reviewer, satu ahli materi, dan satu ahli media. Kualitas produk dinilai oleh tiga guru kimia serta direspon oleh sepuluh siswa kelas X MIPA. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan presentase keidealan sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh guru kimia mendapatkan presentase keidealan sebesar 89,70% dengan kategori Sangat Baik (SB). Serta respon siswa yang menunjukkan peningkatan dalam keterampilan praktikum, hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban pretest dan post tes kesepuluh siswa