Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Critical Thinking dan Collaborative pada Materi Asam Basa

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 ini pendidik dituntut untuk menerapkan proses pembelajaran berbasis penelitian. Salah satu model pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 adalah model pembelajaran inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap critical thinking pada materi asam basa serta pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap collaborative pada materi asam basa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA MAN 3 Sleman 2019/2020. Sampel yang digunakan adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar observasi dan soal pretest dan posttest.  Analisis data untuk angket dan lembar observasi menggunakan uji non paramterik yaitu uji Mann Whitney. Analisis data untuk soal pretest dan posttest menggunakan uji independent sample t-test. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji non parametrik dengan menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap critical thinking pada materi asam basa berdasarkan hasil angket, observasi. Namun, tidak ada pengaruh berdasarkan hasil tes dikarenakan faktor penyajian soal memiliki tingkat kesukaran yang masih tergolong mudah dan sedang; (2) ada pengaruh yang siginifikan pada model pembelajaran guided inquiry terhadap collaborative pada materi asam basa berdasarkan hasil angket dan observasi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran guided inquiry dapat mempengaruhi critical thinking dan collaborative peserta didik.