Pengembangan Modul Kimia berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transfering (REACT) bermuatan Etnokimia

Abstract

Penelitian           pengembangan ini         bertujuan untuk mengembangkan modul kimia berbasis relating, experiencing, applying, cooperating dan transferring (REACT) bermuatan etnokimia pada materi asam basa dan mengetahui kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi,ahli media, guru kimia dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Namun penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga yaitu development. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru Kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas produk dengan skala Likert dan lembar respon siswa skala Guttman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif. Hasil produk pengembangan berupa modul berukuran B5 berisi materi asam basa yang disusun sesuai dengan rangkaian strategi pembelajaran REACT dan dilengkapi dengan muatan etnokimia. Hasil penilaian ahli materi memperoleh persentase 91,8% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian ahli media memperoleh persentase 92,63% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian guru Kimia SMA/MA memperoleh persentase 92,5% dengan kategori Sangat Baik (SB). Sedangkan respon peserta didik terhadap produk sangat positif dengan persentase 96,7%.