Pengembangan Buku Pengayaan berbasis Kontekstual pada Materi Pencemaran Air sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan berbasis kontekstual pada materi pencemaran air sebagai alternatif sumber belajar mandiri peserta didik SMA/MA dan mengetahui kualitas buku pengayaan yang telah dikembangkan dan mengetahui respon peserta didik terhadap buku pengayaan yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap development (pengembangan). Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat pendidik SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian kualitas produk dengan skala Likert dan lembar respon peserta didik skala Guttman. Teknik analisis data dilakukan dengan mengubah data hasil penilaian dan respon yang berupa data kualitatif menjadi data kuantitatif. Kemudian dianalisis setiap aspeknya dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan presentase keidealan untuk menentukan kualitas buku pengayaan yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan berbasis kontekstual pada materi pencemaran air sebagai alternatif sumber belajar peserta didik dari penilaian ahli materi mendapatkan kategori baik (B) dengan presentase keidealan 80%. Penilaian ahli media mendapatkan kategori sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 86% dan penilaian pendidik SMA memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan presentase keidealan 89,29% serta respon 10 peserta didik mendapatkan presentase keidealan 90,83%.