Pengembangan Buku Teks bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Gugus Fungsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan buku teks bermuatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi gugus fungsi. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penilaian produk dilakukan oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh siswa. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli, lembar penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Produk berupa buku teks bermuatan HOTS pada materi gugus fungsi. Buku teks ini memuat materi gugus fungsi sesuai kompetensi kurikulum 2013 yang dibagi ke dalam 7 subbab yaitu pengertian gugus fungsi, alkohol, eter, aldehid, keton, asam karboksilat, serta ester. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 45 dari skor maksimal 50 dengan persentase keidealan 90% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor 30 dari skor maksimal 30 dengan persentase keidealan 100% dan termasuk dalam sangat baik (SB). Hasil penilaian dari empat guru kimia SMA/MA memperoleh skor rata-rata 69,5 dari skor maksimal ideal 80 dengan persentase keidealannya 86,86% dan termasuk kategori sangat baik (SB). Buku ini juga direspon positif oleh siswa dengan persentase sebesar 98%.