Analisis Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kecanggihan Teknologi Gadget di Lingkungan Masyarakat

Abstract

Usia 5-6 tahun merupakan fase kritis dalam perkembangan anak, di mana eksplorasi dunia dengan rasa keingintahuannya menjadi fokus utama. Salah satu aspek yang sangat signifikan pada periode ini adalah perkembangan fisik motorik anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan fisik motorik anak usia 5-6 tahun dalam  kecanggihan teknologi gadget di lingkungan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dan sampel berjumlah 26 anak usia 5-6 tahun yang berada di kelas A dan B di Taman Kanak-Kanak Sejahtera IV Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi dan instrumennya menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil dari pengisian kuesioner, kemudian dilakukan Uji Normalitas Kolmogorov Dmirnov dan Uji Homogenitas. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa anak usia 5-6 tahun di TK Sejahtera IV Bandar Lampung memiliki perkembangan fisik motorik yang sesuai dengan perkembangan seusianya, namun guru dan orang tua perlu berpartisipasi pada perkembangan anak agar perkembangannya lebih optimal