Pengaruh Komunikasi Kelompok Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Umat Datang Ke Vihara Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (Mns Bdi) Eks-Karesidenan Surakarta
Abstract
Eksistensi umat Buddha Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNS BDI) Eks-Karesidenan Surakarta salah satunya dapat dilihat dari kegiatan di vihara. Motivasi umat Buddha MNS BDI untuk datang kevihara dipengaruhioleh beberapa faktor. Dalam penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi kelompok terhadap motivasi umat Buddha MNS BDI datang ke viharadi Eks-Karesidenan Surakarta. (2) mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi umat Buddha MNS BDI datang ke viharadi Eks-Karesidenan Surakarta. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi kelompok dan lingkungan keluarga terhadap motivasi umat Buddha MNS BDI datang ke vihara di Eks-Karesidenan Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian regresi berganda yang dilakukan di Eks-karesidenan Surakarta pada bulan Januari- Juli 2020. Populasi pada Penelitian ini adalah seluruh Umat Buddha Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia di Eks-Karesidenan Surakarta, sedangkan sampel yang digunakan adalah 80 umat Buddha Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia di Eks-Karesidenan Surakarta dengan menggunakan teknik Stratified random sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Angket digunakan untuk mengukur masing – masing variabel motivasi, komunikasi kelompok dan lingkungan keluarga. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dan analisis data menunjukan bahwa adanya pengaruh komunikasi kelompok terhadap motivasi umat datang ke vihara di Eks-Karesidenan Surakarta sebesar 0,396. Tidak terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi umat datang ke vihara di Eks-Karesidenan Surakartasebesar 0,084. Sedangkan pengaruh Komunikasi Kelompok dan Lingkungan Keluarga terhadap motivasi umat datang ke vihara di Eks-Karesidenan Surakartasebesar 23,9%.