KEEFEKTIFAN KALIMAT TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWA

Abstract

ABSTRAK        Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan kalimat dan penggunaan ciri kebahasaan kalimat teks eksplanasi karangan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Datanya berupa kalimat-kalimat dalam tiga puluh lima teks eksplanasi karangan siswa dan sumber datanya yakni teks eksplanasi karangan siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan catat. Kemudian, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi identifikasi, klasifikasi, dan analisis deskripsi.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori kalimat efektif Gorys Keraf yang meliputi kesatuan, kehematan, kepararelan, kelogisan, kepaduan, ketepatan, dan kevariasian. Lalu, teori penggunaan ciri kebahasaan teks eksplanasi secara umum. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya (1) keefektifan dan ketidakefektifan kalimat teks eksplanasi; (2) penggunaan ciri kebahasaan kalimat teks eksplanasi. Keefektifan kalimat diperoleh seratus lima puluh enam data, ketidakefektifan kalimat diperoleh tujuh puluh kalimat, dan penggunaan ciri kebahasaan teks eksplanasi diperoleh dua ratus satu kalimat.Kata kunci: Keefektifan kalimat, penggunaan ciri kebahasaan, teks eksplanasi.