PENANDA KOHESI DALAM IKLAN AUDIOVISUAL MOBIL

Abstract

Selain menampilkan visual bergerak dan suara, iklan audiovisual biasanya juga menyampaikan wacana iklan melalui narasi maupun dialog pemeran iklan. Penelitian ini secara khusus mengkaji aspek kohesi dengan memaparkan penanda kohesi gramatikal dan leksikal yang ada dalam wacana iklan audiovisual mobil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi terhadap tayangan iklan mobil Pilih Xpander Pinter Bener; Mitsubishi New Triton Engineered Beyond Tough; Almaz Drive Unlimited Way; Almaz Smart Technology SUV; Cortez CT The New Advanced MPV; dan All New Sirion Berani Baru Berani Hitz. Hasil penelitian ditemukan penanda kohesi gramatikal berupa pengacuan (referensi), penyulihan (substitusi), pelesapan (elipsis), perangkaian (konjungsi), inversi, dan pemasifan kalimat. Penanda kohesi leksikal ditemukan berupa repetisi (utuh/penuh, repetisi dengan perubahan bentuk), penggunaan sinonim (kemiripan makna), penggunaan antonim (pertentangan makna), kolokasi (ditandai dari adanya keterkaitan kata), hiponimi (penggunaan kata yang bermakna lebih sempit), dan ekuivalensi (ditandai dengan wacana yang memiliki kesepadanan dengan wacana lainnya).