Praktik Keterampilan Berbicara Menggunakan Percakapan Duet Konten Pada Aplikasi Tiktok: Pandangan Mahasiswa

Abstract

Setiap orang menggunakan keterampilan berbicara ketika mereka ingin berkomunikasi dengan orang lain, jadi berbicara merupakan komponen penting dalam berkomunikasi. Salah satu masalah yang paling umum adalah bahwa mahasiswa terkadang kurang lancar dalam berbicara, terlebih lagi jika harus menggunakan bahasa Inggris yang berasal dari paparan bahasa secara teratur di kelas. Hal yang lainnya adalah bahwa mahasiswa sering terlihat merencanakan percakapan mereka sebelumnya. Yang ketiga adalah siswa kurang memiliki kosa kata yang memadai dan kesulitan mengucapkan kata-kata dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan siswa terhadap percakapan duet konten yang terdapat pada aplikasi TikTok. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Peneliti menemukan bahwa 86,7% responden setuju bahwa percakapan duet konten membuat mereka lebih fasih dalam berbicara. Dari penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa percakapan duet konten di aplikasi TikTok dapat menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk berlatih berbicara. Latihan berbicara menggunakan percakapan duet konten dapat meningkatkan pengucapan dan membantu siswa menjadi lebih lancar dalam berbicara. Namun, masih ditemukan beberapa kesulitan seperti adanya kata-kata asing yang mempengaruhi siswa sehingga kehabisan waktu saat melakukan percakapan duet konten.