Penggunaan Model AIR MEGA untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Kompetensi Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Magelang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas dan kompetensi menulis khususnya dalam pengungkapan pikiran ke dalam bahasa tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran AIR MEGA ((Active, Innovative, Reflective Learning , dan Media Gambar ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrument tes dan nontes. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan nontes. Tes berbentuk unjuk kerja menulis teks eksplanasi berbantuan media gambar . Selain itu digunakan pula instrument nontes berupa jurnal, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran AIR MEGA (Active,Innovative,dan Reflective Learning) dan Media Gambar mampu meningkatkan kreativitas yang semula 23,9% menjadi 38,58% dan kompetensi menulis teks eksplanasi yang semula memperoleh ketuntasan belajar 27,78% , pada akhir siklus II menjadi 94,44%.