KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM MENDUKUNG MINAT BELAJAR AL-QUR’AN ANAK
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dan ditumbuh kembangkan bagi setiap individu muslim, namun pada kenyataanya pembelajaran tersebut tidak berjalan dengan mulus sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian ini dilihat dari faktor penyebab menurunnya minat anak belajar al-Qur’an di TPQ al-fikri, (a) faktor anak, (kesehatan, psikologi, dan kelelahan) (b) keluarga (c) sekolah (d) Teman bermain (e) perkembangan IT (f) guru. Dari sebab-sebab yang menjadi temuan akan memerankan komunikasi secara efektif dalam memberikan pesan yang memacu minat anak dalam belajar al-Qur’an sejalan dengan harapan orangtua dan tenaga pendidik. Sehingga dukungan orangtua dan guru sangat menentukan minat belajar anak berdasarkan bagaimana menyampaikan pesan positif secara efektif.