Penggunaan Teknik Bibliokonseling Berbantuan Happines In Jar pada Siswa yang Mengalami Afeksi Negatif
Abstract
Penelitian ini menelaah terkait Penggunaan Teknik Bibliokonseling Berbantuan Happines in jar Pada Siswa Yang Mengalami Afeksi Negatif di SMP Negeri 30 Makassar. Dengan tujuan penelitian untuk Mengetahui penggunaan Teknik Bibliokonseling dengan bantuan Happines in jar dapat mereduksi afeksi negatif siswa di SMP Negeri 30 Makassar. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen, dengan desain non-equivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 siswa yang terindifikasi mengalami Afeksi negatif yang tinggi, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang siswa dengan penentuan sampel menggunakan Teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, Observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial menggunakan SPSS v.25. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan Teknik bibliokonseling dengan bantuan bantuan Happines in jar dapat mereduksi afeksi negatif siswa di SMP Negeri 30 Makassar, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan melalui uji independent samples t test diperoleh nilai sig. (2- tailed) =0.019 yang berarti lebih kecil dari <0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Teknik Bibliokonseling dengan bantuan bantuan Happines in jar dapat mereduksi afeksi negatif siswa siswa di SMP Negeri 30 Makassar.