INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL UNTUK ANAK USIA DINI

Abstract

Literasi sangat penting untuk dikembangkan untuk anak sejak dini, karena literasi melatih kemampuan dasar anak yang dibutuhkan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana integrasi Pendidikan agama Islam dalam pengembangan literasi digital untuk anak usia dini yang dilakukan oleh orang tua di lingkungan keluarga. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua mengembangkan literasi digital untuk anak usia dini dilakukan dengan: 1) Mengajarkan anak untuk mampu menggunakan perangkat elektronik untuk mendapatkan informasi; 2) Mengajarkan anak memahami informasi bahwa gambar, teks, cerita, dan film di perangkat elektronik memiliki makna; 3) Mengajarkan anak menggunakan perangkat elektronik untuk merekam ide, perasaan, kegiatan, atau lingkungan di sekitar mereka. Adapun pengembangan literasi digital untuk anak terintegrasi dengan Pendidikan agama Islam diantaranya dalam Pendidikan Aqidah atau ketauhidan, Pendidikan ibadah shalat, Pendidikan doa sehari-hari dan dzikir, serta Pendidikan akhlak dan berbakti kepada orang tua. Literacy is very important to develop for children from an early age, because literacy trains children's basic abilities that are needed at the next level of education and is included in their daily lives. This research examines how the integration of Islamic religious education in the development of digital literacy for early childhood is carried out by parents in family institutions. The research method uses descriptive qualitative methods with data collection techniques using interviews, observation and documentation. The research results show that parents develop digital literacy for early childhood by: 1) Teaching children to be able to use electronic devices to obtain information; 2) Teaching children to understand information that images, texts, stories and films on electronic devices have meaning; 3) Teach children to use electronic devices to record ideas, feelings, activities or the environment around them. 4) The development of digital literacy is integrated with Islamic religious education through aspects of PAI materials and methods.