PELAKSANAAN ASSESSMENT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “AUTISME” DI POLI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ALIANYANG PONTIANAK
Abstract
Anak autis adalah diantara sekian banyak anak berkebutuhan khusus. Mereka juga menjadi bagian yang harus mendapatkan layanan pendidikan. Agar layanan pendidikan yang diberikan tepat, maka satu tindakan yang harus dilakukan sebelumnya oleh sekolah dalam hal ini guru adalah melakukan assasmen. Informasi dari assasmen yang akurat, menjadi dasar perlakuan oleh guru dalam kegiatan belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan asesmen pada anak berkebutuhan khusus autisme. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berkebutuhan khusus autisme di Poli Anak Berkebutuhan Khusus, Alianyang, Pontianak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang telah didapatkan pada penelitian ini, pelaksanaan asesmen yang dilakukan di Poli Anak Berkebutuhan Khusus, Alianyang, Pontianak, telah memiliki pedoman dan formula asesmen berupa penilaian dari segi intelektual, sosial, dan komunikasi. Autistic children are among the many children with special needs. They are also part of the group that must receive educational services. In order for the educational services provided to be appropriate, one action that must be taken beforehand by the school, in this case the teacher, is to carry out an assessment. Information from accurate assessments becomes the basis for treatment by teachers in their learning activities. The aim of this research is to find out how assessments are carried out for children with special needs for autism. The subjects in this research were children with special needs autism at the Special Needs Children's Polyclinic, Alianyang, Pontianak. The approach used in this research is a qualitative approach with a case study type. The data collection techniques use observation, interviews and documentation techniques. Based on the data obtained in this research, the assessment carried out at the Special Needs Children's Polyclinic, Alianyang, Pontianak, has assessment guidelines and formulas in the form of assessments from an intellectual, social and communication perspective.