Pengaruh Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Digital Industri 5.0 di Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Seorang Pimpinan pada lembaga pendidikan, sebagai sifat pribadi yang digunakan memutuskan apa yang benar, atau apa yang paling tepat, dalam suatu situasi tertentu khususnya kebijakan pendidikan itu sendiri. Pada Era Rovolusi Industri 5.0 masa pandemi Covid 19 tentu kebijakannya mengarah pada unsur dan nilai yang ada dibagian itu sendiri. dari mulai kepentingan individu hingga global berikut infrastrukturnya harus dikendalikan dengan baik. Pendidikan yang sejatinya menjadi alat wirausaha untuk membina peradaban manusia, pada era Revolusi Industri ini harus berperan secara terbuka dan tidak dibatasi oleh kepentingan lokal saja melainkan menjawab target dan sasaran SDGs. Peran yang sangat optimal memang sangat dibutuhkan sehingga perkembangan sangat cepat ini tidak terhambat dan salah sasaran. Melalui kebijakan pendidikan yang nantinya mucul harus dirumuskan dengan mudah, cepat dan tetap mengedepankan hakikat manusia yang tentunya menjadi wilayah dalam dunia pendidikan.