Haruskah Kita Merubah Metode Perkuliahan Kita? Sebuah Studi Penting dalam Pendidikan Tinggi Buddhis di Indonesia

Abstract

Pendidikan Buddhis Indonesia telah mengalami kemajuan yang signifikan.Namun hingga saat ini masih banyak warga negara Indonesia yang beragama Buddha di wilayah terpencil tidak mendapatkan pendidikan agama Buddha sama sekali. Hal ini karena tidak meratanya penyebaran guru agama Buddha di Indonesia. Permasalahan pemerataan tenaga pengajar agama Buddha memang suatu permasalahan yang cukup sulit untuk diatasi. Hal ini disebabkan Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha/ PTAB yang ada hanya terdapat di wilayah tertentu di Pulau Jawa dan Sumatera. Selain itu metode perkuliahan yang digunakan hanya perkuliahan secara tatap muka saja sehingga menyulitkan calon-calon mahasiswa yang berada di daerah terpencil ataupun beda pulau. Metode perkuliahan secara Pendidikan Jarak Jauh/ PJJ diyakini dapat menjadi solusi atas masalah pemerataan tenaga pengajar agama Buddha di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi dalam meningkatkan jumlah pengajar agama Buddha di Indonesia secara efisien beserta mencari solusi implementasi agar dapat diterapkan oleh PTAB yang ada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan teknik analisis data menggunakan metode heuristika. Hasil penelitian ini mengemukakan metode perkuliahan di PTAB Indonesia, mengkaji kelemahan metode perkuliahan tatap muka, mengemukakan metode perkuliahan secara PJJ dan mengkaji penerapan PJJ pada PTAB.