Penerapan Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Pada Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di masa pandemi covid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara dan observasi. Hasil penelitian perkembangan motorik halus anak belum berkembang dengan optimal dikarenakan beberapa faktor salah satunya karena kurangnya pembiasaan yang dilakukan dirumah anak sering dibantu orang tua dalam melakukan kegiatan atau aktivitas fisik yang menekankan motorik halus dan pandemic covid 19 penyebab kurang optimalnya perkembangan motorik halusnya karena banyak yang membatasi gerak aktivitas kurangnya stimulus motorik halusnya karena orang tua kurang memahami tentang perkembangan motorik halus anak karena perkembangan motorik halus membutuhkan stimulus serta waktu untuk mengoptimalkannya melalui tahapan-tahapan yang harus dilalui. Strategi guru dalam kegiatan pembelajaran sudah cukup baik dimana setiap kegiatan dilakukan dengan memperhatikan setiap perkembangan peserta didik menyesuaikan minta dan bakat setiap anak.