Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Siswa Kelas VI SD Negeri 009 Tembilahan Hulu Kecamatan Tembilahan Hulu
Abstract
Berdasarkan identifikasi dan analisis penulis, masalah rendahnya tersebut disebabkan oleh beberapa hal antara lain; kurangnya siswa-siswa memiliki buku-buku paket dan penunjang; kurangnya media pembelajaran; kurang aktivnya para siswa mengulang pelajaran di rumah; dan kurangnya variasi mengajar penulis, yang hanya menggunakan metode ceramah. Kondisi di atas perlu diadakan perbaikan. Solusi yang paling efektif dan efisien adalah dengan melakukan Penelitian tindakan Kelas (PTK). Rendahnya hasil belajar IPA kelas VI pada kompetensi dasar “Membandingkan Sifat dan Kemampuan Menghantarkan Panas dari berbagai Benda” diatasi dengan Metode Eksperimen. Pembelajaran dengan cara ini mengantarkan siswa langsung melihat, menyaksikan, dan menerapkan materi pelajaran yang diajarkan. Dengan cara ini diharapkan siswa akan lebih memahami dan menguasai materi pelajaran.