Penerapan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XII IPS 1 SMAN 1 Pinggir
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan selama dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pinggir yang berjumlah 22 siswa dan kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pinggir, objek penelitiannya adalah penerapan metode resitasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I (pertemuan II) skor rata 53.40 dan hanya 11 siswa yang tuntas hal ini disebabkan karena belum memahami metode resitasi. Pada siklus II (pertemuanI) 17 siswa yang tuntas dengan skor rata-rata 59.45. Adapun data hasil belajar pada siklus II (pertemuan II) yaitu 74.77 hasil belajar siswa baik, dan jumlah siswa mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 20 siswa sedangkan yang belum tuntas hanya 2 siswa dengan 22 jumlah siswa yang menjadi objek penelitian. Berdasarkan hasil belajar siswa kelas XI IPS1 SMAN 1 Pinggir dapat di simpulkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.