Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Buku Cerita Si Kabayan bagi Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai personal dan nilai pendidikan pada buku cerita Si Kabayan karya Mohammad Rizqi sebagai bentuk alternatif pembelajaran dalam menyampaikan pesan pada siswa SD. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan yakni analisis isi yang mengarah pada penarikan kesimpulan mengenai suatu fenomena secara faktual. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerita rakyat Si Kabayan karya Mohammad Rizqi. Berdasarkan hasil temuan disimpulkan beberapa hal. Pertama, nilai personal yang ada pada buku cerita Si Kabayan karya Mohammad Rizqi meliputi perkembangan emosional, perkembangan intelektual, perkembangan rasa sosial, perkembangan rasa etis dan religius. Kedua, nilai pendidikan karakter, meliputi nilai sosial, tidak boleh serakah, nilai tanggung jawab, dan tidak boleh malas. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan studi pustaka. Studi pustaka yakni melakukan pengumpulan bahan dokumentasi sebagai referensi seperti artikel, jurnal. Teknik analisisnya melalui membaca, mencatat hal penting serta menganalisisnya. Dengan demikian, buku cerita ini memberikan pesan moral dan ajaran budi pekerti yang dapat diteladani anak terutama anak sekolah dasar, baik berupa pengembangan nilai personal maupun nilai pendidikan.