Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Konten Iklan Produk Kecantikan di Media Sosial Instagram

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi kesalahan-kesalahan berbahasa di dalam konten iklan di media sosial, khususnya Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan saat ini baik oleh pengguna regular maupun pengguna bisnis. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu postingan berisikan iklan produk yang memiliki kesalahan berbahasa di dalam caption-nya. Sumber data dalam penelitian ini yaitu postingan akun resmi @scarlett_whitening, @whitelab_id, dan pada akun @msglowbeauty. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi berupa tangkapan layar sedangkan teknik analisisnya yaitu kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini terdapat beberapa kesalahan berbahasa, diantaranya yang paling sering ditemukan yaitu penggunaan bahasa asing (bahasa gaul) bersamaan dengan bahasa Indonesia, kesalahan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tidak tepat, dan penggunaan kata yang tidak baku.