Suitability of Maharah Kalam Learning Achievement in JSIT Arabic Learning Curriculum With CEFR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami standar pencapaian maharah kalam bahasa Arab pada tingkat SMP Islam Terpadu, dan untuk memahami standar pencapaian kompetensi maharah kalam dalam CEFR, yang kemudian akan dianalisis antara kesesuaian pencapaian maharah kalam tingkat SMP Islam Terpadu dengan CEFR. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), dan tulisan ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif sebagai metode analisis data. Yang bertujuan untuk memilih dan mengklasifikasikan item-item pokok yang terdapat dalam kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu pada tingkat SMP agar disesuaikan dengan CEFR. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kesesuaian dalam pencapaian maharah al-Kalam pada kelas VII SMP IT Qurrata A'yun masuk ke level A1, 2) kemudian Kesesuaian pencapaian maharah al-Kalam kelas VIII SMP IT Qurrata A'yun masuk ke level A2 dalam CEFR, dan 3) pencapaian maharah al-kalam kelas IX SMP IT Qurrata A'yun secara umum masuk kepada level B1 dalam CEFR.