Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa di SD IT Insan Utama 2 Pekanbaru. Ditemukan bahwa siswa tidak berpartisipasi aktif menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan. Kemudian dalam proses belajar masih banyak siswa yang tidak aktif, kurang percaya diri, sehingga mengakibatkan kegiatan proses belajar hanya guru yang aktif sedangkan siswanya kurang aktif belajar. Permasalahan keaktifan belajar siswa yang rendah dapat diatasi dengan metode diskusi. Metode diskusi ini dianggap sangat berhasil karena membuat sesi pembelajaran menjadi dinamis dan menarik. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian melibatkan seluruh populasi dan sampel berjumlah 75 siswa. Analisis data yang digunakan uji regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian yaitu metode diskusi berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar pada siswa di SD IT Insan Utama 2 Pekanbaru. Berdasarkan nilai (R Square) sebesar 0,989 bahwa keaktifan belajar siswa dipengaruhi oleh metode diskusi yang berada dalam kategori sangat tinggi. Hasil perhitungan nilai koefisien (R) sebesar 0,995 dikategorikan bahwa hubungan variable X ke variable Y itu sangat tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil ANOVA nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima. Temuan penelitian ini diharapkan mampu membuat siswa termotivasi dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam dan merangsang minat belajar aktif.